Peranan Pemuridan dalam Membangun Disiplin Rohani Menurut 2 Timotius 2:2 dan Implementasinya Bagi Jemaat Masa Kini
(1) Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia - Yogyakarta
(2) Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia – Yogyakarta
(3) Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia – Yogyakarta
(4) Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia – Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Discipleship is an important part of the Person of the Lord Jesus, as long as he is on earth. Jesus has an important purpose in coming to this world, shich is to atone for the sins of manking and provide restoration of life for humans who should go to hell, when they believe in the Lord Jesus, they can enjoy heaven. But Jesus did not escape a discipleship that was carried out with the twelve disciples He had chosen. Jesus took a discipleship seriously for three and a half years. The church must also consistently carry out discipleship. Because through discipleship, spiritual discipline will accur effectively. Because it in undeniable, when the church is separated from the discipleship system, it will lose many generations and the church growth will be ineffective. The book of 2 Timothy 2:2 becomes an important text to explore the principle of discipleship that leads to spiritual discipline. The method used a descriptive method of literature. Thus research will discuss about effective ways of evangelism, so that evangelism is more effective and can be applied in all ages. The purpose of thus paper is First, to explain how important discipleship is. Second, examine the important prinsiples of discipleship fot the spiritual discipline of the church based on 2 Timothy 2:2. Third, apply the right discipleship system that can have an impact on today’s congregations.
Abstrak
Pemuridan menjadi bagian penting dari Pribadi Tuhan Yesus, selama ada di dunia. Yesus memiliki tujuan penting datang ke dunia yaitu menebus dosa umat manusia dan memberikan pemulihan kehidupan untuk manusia yang seharusnya masuk neraka, ketika percaya kepaada Tuhan Yesus, bisa menikmati sorga. Namun Yesus tidak lepas dengan sebuah pemuridan yang dilaksanakan dengan duabelas murid yang telah dipilih-Nya. Yesus menerapkan pemuridan dengan serius selama tiga setengah tahun. Gereja seharus juga secara konsisten untuk melaksanakan pemuridan. Sebab melewati pemuridan, maka disiplin rohani akan terjadi secara efektif. Sebab tidak bisa dipungkiri, ketika gereja lepas dari sistem pemuridan maka akan kehilangan banyak generasi dan pertumbuhan gereja tidak efektif. Kitab 2 Timotius 2:2 menjadi nast penting untuk mengupas prinsip pemuridan yang membawa kepada disiplin rohani.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif literatur. Penelitian ini akan membahas tentang cara yang efektif dalam penginjilan, sehingga penginjilan lebih tepat guna dan dapat diaplikasikan dalam segala zaman. Tujuan dalam penulisan ini adalah Pertama, menjelaskan betapa pentingnya pemuridan. Kedua, mengkaji prinsip-prinsip penting dalam pemuridan bagi disiplin rohani jemaat berdasarkan 2 Timotius 2:2. Ketiga, menerapkan secara tepat sistem pemuridan yang bisa membawa dampak bagi jemaat masa kini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anthony, Michael J. Fondasi Pendidikan Abad 21. Malang: Gandum Mas, 2017.
Baskoro, Paulus Kunto. “Metode Pendekatan Pemberitaan Injil Yang Efektif Menurut Injil Matius Dan Aplikasinya Bagi Kelompok Sel Masa Kini.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 2 (2022): 433–449.
———. “Prinsip-Prinsip Keluarga Kristen Sebagai Pusat Pendidikan Menurut Ulangan 6:1-25.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 11, no. 1 (2021): 1–18.
———. “Refleksi Teologis Kitab Hosea Tentang Peran Tuhan Terhadap Kekudusan.” DIDASKO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 25–37.
Baskoro, Paulus Kunto, and Indra Anggiriati. “Implementasi Pemuridan Dalam Efesus 4: 11-16 Bagi Pertumbuhan Rohani Jemaat Di Masa Kini.” Sabda: Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (2021): 242–265.
Baskoro, Paulus Kunto, and Yonatan Alex Arifianto. “Dampak Pengajaran Guru Sekolah Minggu Terhadap Kesetiaan Anak Dalam Ibadah Sekolah Minggu.” DUNAMOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (2022): 67–83.
Baskoro, Paulus Kunto, and Sumbut Yermianto. “Model Kepemimpinan Rohani Di Era Disrupsi.” Lentera Nusantara 1, no. 1 (2021): 81–95. https://jurnal.sttkn.ac.id/index.php/Lentera/article/view/135%0Ahttps://jurnal.sttkn.ac.id/index.php/Lentera/article/viewFile/135/65.
Belo, Yosia. “Buah Roh Dalam Galatia 5:22-23 Dan Penerapannya Bagi Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Luxnos 6, no. 1 (2020): 89–95.
Dina Kristiani, Paulus Kunto Baskoro. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Mengajarkan Konsep Keselamatan Bagi Remaja Masa Kini.” HAGGADAH Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol 3, No (2022): 52–62.
Dodson, Jonathan. K. Pemuridan Yang Berpusatkan Injil. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 1997.
Hasibuan, Serepina. “Pemuridan Sebagai Implementasi Amanat Agung Yesus Kristus.” BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 156–175.
Heath, W. Stanley. Masih Ditantang Dan Masih Menantang. Bandung: Institut Alkitab Tiranus, 2005.
Herman, Daniel Horatius. “Tinggal Dan Berbuah Di Dalam Yesus: Eksegesis Terhadap Yohanes 15:4-5.” Predica Verbum: Jurnal Teologi dan Misi 1, no. 1 (2021): 1–15.
Hull, Bill. Panduan Lengkap Pemuridan. Yogyakarta: Yayasan Gloria, 2014.
Hutabarat, Herdy N. Mentoring Dan Pemuridan. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2021.
Illu, Jonidius. “Teori Tentang Kedaultan Allah Dalam Misi.” Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi 1, no. 1 (2020): 96–109.
Journal, Development, Of Education, Fadjriah Hapsari, Laila Desnaranti, and Siti Wahyuni. “Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa.” … Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan … 7, no. 1 (2021): 193–204.
Katarina, K, and Krido Siswanto. “Keteladanan Kepemimpinan Yesus Dan Implikasinya Bagi Kepemimpinan Gereja Pada Masa Kini.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat (2018).
Keriapy, Frets. “Pelaksanaan Pola Pemuridan KAMBIUM Dalam Memberikan Dasar Keyakinan Keselamatan Anak Usia 13 – 18 Tahun.” Diegesis : Jurnal Teologi (2021).
Mau, Marthen. “Panggilan Timotius Menurut 2 Timotius 2:2 Dan Implikasinya Bagi Kompetensi Guru Agama Kristen.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 1, no. 2 (2020): 180–198.
NAINUPU, MARTHEN. “Pemuridan Melalui Pendekatan Konseling Pastoral.” SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 5, no. 1 (2020).
Palar, Jordan Efraim, Franly Onibala, and Wenda Oroh. “Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak Dengan Perilaku Anak Dalam Penggunaan Gadget.” e-Journal Keperawatan 6, no. 2 (2018): 1–8.
Pebriana, Putri Hana. “Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2017): 1.
Perangin Angin, Yakub Hendrawan, Yonatan Alex Arifianto, and Tri Astuti Yeniretnowati. “Pemuridan Dan Kepemimpinan Sebuah Perspektif Dari Pendidikan Kristen.” TELEIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2021): 95–105.
Purdaryanto, Samuel. “Landasan Historis Pendidikan Kristen Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Kristen Masa Kini.” SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 220–238.
Richard, Foster. Tertib Rohani. Jakarta: Gandum Mas, 2000.
Ridderbos, Herman N. Injil Yohanes Suatu Tafsiran Teologis. Surabaya: Momentum, 2012.
Rumaikewi, Daniel. “Aktualisasi Karakter Allah Dalam Menyelamatkat Manusia.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 3, no. 1 (2020): 141–166.
Sagala, Mangapul. Firman Menjadi Daging. Jakarta: Perkantas, 2000.
Sasauw, Meiland Fera. “Pendidikan Agama Kristen Bermanfaat Untuk Membina Karakter.” Jurnal Pentacostal Menoreh 1, no. 1 (2020): 1–14.
Soendari, Tjutju. “Data Penelitian Deskriptif.” Management Penelitian Analisis 59 (2006): 262–296.
Stefanus, Daniel. “Yesus Sebagai Guru.” The New Perspective in Theology and Religious Studies 2, no. 1 (2021): 57–68.
Sugiyarto, Iskak. “Melayani Tuhan Di Tempat Kerja.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) 3, no. 2 (2021): 122–131. https://jurnal.sttkn.ac.id/index.php/Veritas/article/view/112.
W.J.S.Poerwandarminta. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1976.
Wulandari, Taat, Agustina Tri Wijayanti, and Saliman Saliman. “Character Education in Family Through Parenting Pattern.” Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran 3, no. 1 (2020): 129–142.
DOI: https://doi.org/10.59376/philo.v1i1.7
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Paulus Kunto Baskoro, David Pattinama, Endah Totok Budiono, Riston Batubara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.