Penerapan Cerita Alkitab Menggunakan Audiovisual Untuk Meningkatkan Iman Anak

Jhon Wilson Antonius Neno(1*), Wahyudi Triwiyanto(2),

(1) Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat
(2) Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat
(*) Corresponding Author

Abstract


The study was conducted at Hermon Integrated Kindergarten. Initial observations showed the level of faith development of children aged 5-6 years at Hermon Integrated Kindergarten, namely: Children who do not yet believe in the Lord Jesus as Savior have diverse religious backgrounds. Children are afraid to mention the name of the Lord Jesus because parents often forbid and scold them if the name of Jesus is mentioned at home. To overcome this, a creative method is needed because children have different understandings, attitudes, and responses. The first research objective is to describe the application of Bible stories to increase the faith of children aged 5-6 years. Second, to analyze the effectiveness of the application of Bible stories using audiovisuals in increasing the faith of children aged 5-6 years. Third, to analyze the increase in the faith of children aged 5-6 years with the application of Bible stories using audiovisuals. The research subjects were seven children. The research method used was Classroom Action Research using two cycles with six meetings. Based on the results of the recapitulation, the value is that the seven children are in the Very Well Developed (BSB) category. Therefore, it is concluded that the application of Bible stories using audiovisuals can be used in learning activities to increase children's faith. Through the application of audiovisual Bible stories, children learn the Word of God, learn the story of Jesus' life while on earth, believe in Jesus as Lord and Savior of Mankind, and increase the foundation of children's Christian faith.

Abstrak

Penelitian dilakukan di TK Hermon Terpadu. Observasi awal menunjukkan tingkat perkembangan iman anak usia 5-6 tahun di TK Hermon Terpadu yaitu: Anak-anak yang belum percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Juruselamat memiliki latar belakang agama yang beragam. Anak-anak takut untuk menyebutkan nama Tuhan Yesus karena orang tua sering melarang dan memarahi jika nama Yesus disebutkan di rumah. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan metode kreatif karena anak-anak memiliki pemahaman, sikap, dan respons yang  berbeda.Tujuan penelitian pertama, mendeskripsikan penerapan cerita Alkitab untuk meningkatkan iman anak usia 5-6 tahun. Kedua, menganalisa efektivitas penerapan cerita Alkitab dengan menggunakan audiovisual dalam meningkatkan iman anak usia 5-6 tahun. Ketiga menganalisa peningkatan iman anak usia 5-6 tahun dengan penerapan cerita Alkitab menggunakan audiovisual. Subjek penelitian berjumlah tujuh anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan dua siklus sebanyak enam kali pertemuan. Berdasarkan hasil rekapitulasi maka nilainya adalah tujuh anak tersebut berada dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Dapat disimpulkan bahwa penerapan cerita Alkitab menggunakan audiovisual dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan iman anak. Melalui penerapan cerita Alkitab audiovisual, anak belajar Firman Tuhan, belajar kisah kehidupan Yesus selama ada di dunia, percaya Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat Manusia, serta meningkatkan dasar Iman kekristenan anak.


Keywords


Iman, Anak, Cerita Akitab, Audiovisual

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ridwan, Wendhie Prayitno, and Hodriani. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2020.

Ag, K M, and N Amelia. Perkembangan KognitifAnak Usia Dini: Teori Dan Praktik. Prenada Media, 2021. https://books.google.co.id/books?id=wfIsEAAAQBAJ.

Aquan, H M, I Y K Budiasmoro, C P Sianipar, [et al. ] Bernardinus Agus Arswimba, E.F.H.T.A.H.M. Sang Condro Nugroho, S D U Press, and Dkk. Hongki Julie. Prosiding Seminar Nasional Sosial Dan Humaniora “Mengembangkan Kehidupan Berbangsa Yang Lebih Beradab.” Yogyakarta: Sanata Dharma University Press, 2023. https://books.google.co.id/books?id=JG7WEAAAQBAJ.

Gainau, M S. Pendidikan Agama Kristen (PAK) Anak: Anak Adalah Ladang Yang Produktif. PT Kanisius, n.d. https://books.google.co.id/books?id=jmMrEAAAQBAJ.

H, Devi Savitri Noerachmi. “Kajian Teologis Ulangan 6:6-9 Tentang Pendidikan Anak Dalam Keluarga Dan Implementasinya Dalam Pembentukan Sinergisitas Pelayanan Antara Guru Pendidikan Agama Kristen Dengan Orang Tua Di Sekolah Kristen Pelita Kasih Mulia Surabaya.” Geneva - Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2023): 108–121.

Hengki Wijaya. Prosiding Seminar Khotbah Kontemporer. Yogyakarta: Andi, 2015.

Indah, S. Bukti Yesus Adalah Mesias Dan Tuhan Menurut Alkitab. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2023. https://books.google.co.id/books?id=73GwEAAAQBAJ.

Ketler, S.P.W.L. Kreasi Cerita Alkitab Anak. Jakarata: BPK Gunung Mulia, 2018. https://books.google.co.id/books?id=-EXSUDgx6c8C.

Krobo, Andrianus. “Meningkatkan Pemahaman Nilai Agama Kristen Melalui Cerita Alkitab Dengan Media Gambar Pada Anak Kelompok B 2 Di Paud Pengharapan Kota Jayapura.” PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (2021): 1–17.

Larosa, Setiaman. “Nyanyian Rohani Anak Berbasis Cerita Alkitab Sebagai Media Untuk Mengajarkan Iman Anak.” Jurnal Apokalupsis 14, no. 1 (2023).

Lee, W, and Y P I Indonesia. Pokok-Pokok Penting Dalam Alkitab (1). Pokok-pokok Penting dalam Alkitab. Jakarata: Yayasan Perpustakaan Injil Indonesia (Yasperin), 2019. https://books.google.co.id/books?id=nhjEDwAAQBAJ.

Lee, W, and Y P Injil. Mengenal Alkitab. Jakarta: Yayasan Perpustakaan Injil Indonesia (Yasperin), 2022. https://books.google.co.id/books?id=v6KZEAAAQBAJ.

Paizaluddin, and Ermalinda. Penelitian Tindakkan KelasPiz. Bandung: ALFABETA, 2014.

R, S. Makna Ungkapan-Ungkapan Asing Dalam Alkitab. Jakarata: BPK Gunung Mulia, 2014. https://books.google.co.id/books?id=YcoJFPmXaiEC.

Romini, Romini, and Ida Destariana Harefa. “Manfaat Penggunaan Alkitab Bergambar Terhadap Perkembangan Kerohanian Anak Future Center Usia 7-9 Tahun Di Buluh Awar.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 1 (2020): 1–14.

Shandy Juniantora, dkk. Prosiding Seminar Nasional PGMI 2021 Literasi Digital Dalam Tantangan Pendidikan Abad 21. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management (Penerbit NEM - Anggota IKAPI), 2021.

Yasperin. Arus Hayat Makanan Rohani Sehari-Hari. Surabaya: Yayasan Perpustakaan Injil (Yasperin), 2018.

Zaimatus Syahria. Pengembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun, 2021.

“Alkitabku: Alkitab Online.” Accessed March 28, 2023. https://www.alkitabku.com/alkitab.

“Alkitabku: Alkitab Online.” Accessed December 8, 2022. https://www.alkitabku.com/alkitab.




DOI: https://doi.org/10.59376/philo.v3i2.43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jhonwilson Antonius Neno, Wahyudi Triwiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

zen play 168

zen play 168

zen play 168

zen play 168

zen play 168

zen play 168

toto slot

slot gacor

slot gacor hari ini