Strategi Pembelajaran Melalui Metode Demonstrasi Dalam Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak

Rana Riendawati Mooy(1*), Gloria Gabriel Lumingas(2), Reni Triposa(3),

(1) Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga.
(2) Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga,
(3) Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga,
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to analyse learning strategies through demonstration method in developing children's creativity. The demonstration method was chosen because of the ability of students to convey concepts visually and practically, making it easier for them to understand what the teacher has given. This research uses a descriptive qualitative method conducted in the classroom by involving various activities that encourage exploration and active participation in the classroom. The results showed that the application of this method significantly improved children's creativity, as seen from the increase in critical thinking, innovation, and self-expression. The findings indicate that the demonstration method can be an effective tool in the learning process to stimulate children's creativity.

Abstrak

Dengan adanya artikel ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran melalui metode demonstrasi dalam mengembangkan kreativitas anak. Metode demonstrasi ini dipilih oleh peneliti karena dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyampaikan konsep secara visual dan praktis, sehingga memudahkan siswa memahami dan mengembangkan setiap pelajaran yang sudah di berikan oleh guru di kelas. Tujuan dari penelitian ini yaitu menyelidiki akibat dari pembelajaran demonstrasi akan pengembangan kreativitas siswa. Penalitian ini menggunakan metode kualitatif deskritif yang dilakukan di kelas dengan melibatkan berbagai aktivitas yang mendorong eksplorasi dan partisipasi aktif dalam kelas. Hasil menunjukkan bahwa penerapan metode ini secara signifikan meningkatkan kreativitas anak, sehingga terlihat dari peningkatan kemampuan berpikir kritis, inovasi, dan ekspresi diri. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode demonstrasi dapat menjadi alat yang efektif dalam proses pembelajaran untuk merangsang kreativitas anak.


Keywords


Strategi pembelajaran, metode demonstrasi, kreativitas anak, pendidikan anak untu, pengembangan kreativitas mereka

Full Text:

PDF

References


Afifi, Ruhana. “Penerapan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA.” Jurnal Wahana Pendidikan 4, no. 1 (2019): 68–85.

Anitah, Sri, and others. “Strategi Pembelajaran.” Jakarta: Universitas Terbuka 1 (2007): 3.

Astuti, Endang Puji. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan Dengan Metode Demonstrasi Di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 3 (2022): 671–680.

Bhidju, Roni Hariyanto, and Ahlimedia Press. Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode Demonstrasi. Ahlimedia Book, 2020.

Cecep, Cecep, Deden Thosin Waskita, and Nurlaela Sabilah. “Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi.” Jurnal Tahsinia 3, no. 1 (2022): 63–70.

Dewanti, Rahmi, and A Fajriwati. “Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Pembelajaran Fiqih.” PILAR 11, no. 1 (2020).

Djamarah, Syaiful Bahri, and Aswan Zain. “Strategi Belajar Mengajar.” Jakarta: Rineka Cipta 46 (2006).

Dwipayana, Made Krisna, I Nyoman Pasek Nugraha, and Luh Joni Erawati Dewi. “Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Motor Bakar 4 Langkah Siswa Kelas XI TKR SMK N 3 Singaraja Tahun Ajaran 2016/2017.” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha 5, no. 2 (2017).

Endayani, T B, Cut Rina, and Maya Agustina. “Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD 5, no. 2 (2020): 150–158.

Firmansyah, Fery, Dida Firmansyah, and others. “Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Media Cerita Lucu Bergambar Dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Pada Siswa.” Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1, no. 4 (2018): 585–590.

Hasanudin, Hasanudin, Peri Ramdani, Ade Suprihat, Raihana Nurul Syahidah, Siti Nur Aini Fajrin, Yosi Aryanti, Mohamad Ichsan, and Muhammad Sobandi Al-Asy’Ari. “Mengembangkan Literasi Keagamaan Untuk Jenjang Anak Usia Dini (AUD) Dan Remaja.” Bersama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2023): 208–223.

Hasibuan, Dirja. “Penggunaan Metode Demonstrasi Dalam Proses Pembelajaran.” Hibrul Ulama 4, no. 1 (2022): 1–10.

Hasriadi, Hasriadi. “Strategi Pembelajaran.” Mata Kata Inspirasi, 2022.

Herlina, Elin, Ni Putu Gatriyani, Nur Saqinah Galugu, Vini Rizqi, Nanny Mayasari, Qomarotun Nurlaila, Hijratur Rahmi, et al. Strategi Pembelajaran. TOHAR MEDIA, 2022.

Herman, Faaqih Hidayaturrakhman, Kundharu Saddhono, and Budi Waluyo. “Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Menengah Atas: Penelitian Tindakan Kelas.” Basastra 4, no. 2 (2017): 45–59.

Hwang, Gwo-Jen, and Hsun-Fang Chang. “A Formative Assessment-Based Mobile Learning Approach to Improving the Learning Attitudes and Achievements of Students.” Computers & Education 56, no. 4 (2011): 1023–1031.

Julyananda, Muhammad Arif, Tien Yulianti, and Donaya Pasha. “Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Demonstrasi Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar.” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak 3, no. 3 (2022): 366–375.

Kartini, Kartini, and Sujarwo Sujarwo. “Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia.” JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) 1, no. 2 (2014): 199–208.

Larasati, Lia Destiana, Nina Kurniah, Delrefi Delrefi, and others. “Peningkatan Kreativitas Dalam Kegiatan Mewarnai Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi.” Jurnal Ilmiah Potensia 1, no. 2 (2016): 62–66.

Limbong, Felia, and Yonatan Alex Arifianto. “Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Menerapkan Model Pembelajaran PAKEM.” TELEIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2022): 41–51.

Mega, Mega, and Yonatan Alex Arifianto. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusi.” THEOLOGIA INSANI (Jurnal Theologia, Pendidikan, dan Misiologia Integratif) 1, no. 2 (2022): 163–180.

Munandar, Utami S C, and others. “Kreativitas.” Jakarta: Dian Rakyat (1998).

Muqodas, Idat. “Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar.” Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 9, no. 2 (2015).

Nugraha, Derry, Miftah Amir, and Nurkomala Nurkomala. “Pengaruh Metode Simulasi Dan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.” Jurnal Pena Edukasi 10, no. 1 (2023): 1–8.

Puspitasari, Qona Dwi, and Ari Wibowo. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Kelas IV Di SD Negeri Plebengan Bambanglipuro.” Pelita: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia 1, no. 1 (2021): 1–7.

Rahman, Mhd Habibu. “Peranan Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Eksperimen Di Paud Asuhan Bunda Kabupaten Asahan.” QURROTI 1, no. 2 (2019): 114–123.

Rahmat, Stephanus Turibius, and Theresia Alviani Sum. “Mengembangkan Kreativitas Anak.” Jurnal pendidikan dan kebudayaan missio 9, no. 2 (2017): 95–106.

Rizka, Sitti Muliya. “Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Bahan Alam.” Jurnal Golden Age 7, no. 1 (2023).

Saragih, Prinawati, and Hersakso Sinurat. “Efektifitas Metode Pembelajaran Konvensional, Eksperimen, Demonstrasi Dan Resitasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa.” Innovative: Journal Of Social Science Research 2, no. 2 (2022): 289–305.

Sardiman, Arief M. “Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar” (2019).

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: alfabeta cv, 2018.

Susanto, Eko. “Penggunaan Media Dalam Proses Bimbingan Kelompok Untuk Mengembangkan Kreativitas (Pada Siswa SMA Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2007-2008).” GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling 2, no. 1 (2012): 41225.

Sutikno, M Sobry. Strategi Pembelajaran. Penerbit Adab, 2021.

Waruwu, Elfin Warnius, and Enisabe Waruwu. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Di Era Kurikulum Merdeka.” Sinar Kasih 1, no. 2 (2023).

Zulvia Salsabila, Rifda, Encep Andriana, and Siti Rokmanah. “Pengaruh Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Motivasi Belajar Siswa.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 5 (2023): 175–187.




DOI: https://doi.org/10.59376/philo.v3i1.41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rana Riendawati Mooy, Gloria Gabriel Lumingas, Yonatan Alex Arifianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Philoxenia telah terindeks pada:

   

https://www.napri.gov.ng/