Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Agama Kristen: Meningkatkan Prestasi Siswa

Jepina Jepina(1*), Yonatan Alex Arifianto(2),

(1) Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga
(2) Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga
(*) Corresponding Author

Abstract


Project-Based Learning in christian religious education is an innovative approach that is very effective in significantly improving student learning achievement. This method is used to encourage students to be actively involved in the learning process by using religious concepts with real projects in daily life. The purpose of this study is to explore the impact of the PBP model on students' understanding and skills in Christian Religious Education. Through the implementation of Project-Based Learning. Therefore, it can be concluded that the PBP strategy encourages students to be able to work together in groups and create relevant product results that are in accordance with Christian values, so that it can be said to be an effective alternative in Christian Religious Education which not only focuses on material understanding but also understanding in the formation of relevant holistic character and skills of students so that students become more interested. enthusiastic and enthusiastic in learning. The purpose of this study is to provide a deeper understanding and understanding of this Project-Based Learning method, the hope for teachers and educators to be able to design and design activities that are effective, fun and inspiring in supporting the development of students' spirituality in the context of Christianity.

Abstrak

Pembelajaran Berbasis Proyek   dalam Pendidikan Agama Kristen merupakan suatu pendekatan inovatife yang sangat efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa secara singnifikan. Metode ini digunakan untuk mendorong murid agar terjun langsung dalam pelaksanaan proses belajar dengan mengunakan konsep-konsep keagamaan dengan proyek nyata sesuai dengan pengalaman hidup sehari-hari. Hal yang ingin di capai dalam penelitiaan ini yaitu mengeksplorasi dampak dari model Pembelajaran Berbasis Proyek akan  pemahaman dan keterampilan siswa dalam Pendidikan Agama Kristen. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi Pembelajaran Berbasis Proyek mendorong siswa untuk dapat bekerjasama dalam kelompok serta menciptakan hasil produk yang relevan yang sesuai dengan nilai-nilai kekristenan, sehingga dapat dikatakan sebagai alternatif yang efektif dalam Pendidikan Agama Kristen yang tidak hanya fokus pada pemahaman materi saja tetapi juga pemahaman dalam pembentukan karakter dan keterampilan siswa yang bersifat holistik yang relevan agar siswa menjadi lebih tertarik, antusias dan bersemangat dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini memberikan pemahaman dan pengerian yang lebih mendalam tentang metode Pembelajaran Berbasis Proyek  ini, harapan bagi guru dan pendidik agar dapat merancang dan membuat rancangan kegiatan yang efektif, menyenangkan dan inspiratif dalam mendukung perkembangan spiritualitas siswa dalam konteks agama Kristen.


Keywords


Pembelajaran berbasis proyek, Pendidikan agama Kristen, meningkatkan prestasi siswa

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Putri Dewi, and Siti Sri Wulandari. “Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9, no. 2 (2021): 292–299@article{handayani2021meta, title={Meta–ana.

Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/52.

Arifianto, Yonatan Alex, and Asih sumiwi Rachmani. “Peran Roh Kudus Dalam Menuntun Orang Percaya Kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16 : 13.” Jurnal Diegesis 3, no. 1 (2020): 1–12.

Aziz, Yusuf. Landasan Pendidikan. 1st ed. Banda Aceh: Mukhlis Hidayat, 2011.

Boiliu, Fredik Melkias. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital.” TE DEUM (Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan) (2020).

Darmalaksana, Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung (2020): 1–6.

DIAH, AGHNI SUBEKTI. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Computational Thinking Skills Pada Peserta Didik Kelas XI IPA DI MA Al Hikmah Bandar Lampung.” UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2023.

Dini, JPAU. “Inovasi Pembelajaran Dimasa Pendemi: Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pendekatan Destinasi Imajinasi.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (2022): 3901–3910.

Ekayani, Putu. “Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja 2, no. 1 (2017): 1–11.

Fatmawati, Fatmawati, Wahyudi Wahyudi, and Ahmad Harjono. “Pengambangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7, no. 4b (2022): 2563–2568.

Gule, Yosefo. “Konsep Eduecologi Dalam Pendidikan Agama Kristen Konteks Sekolah.” Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 3, no. 2 (2020).

Gumilang, Galang Surya. “Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal fokus konseling 2, no. 2 (2016).

Hairunisa, Hairunisa, Arif Rahman Hakim, and Nurjumiati Nurjumiati. “Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA.” Jurnal Pendidikan Mipa 9, no. 2 (2019): 93–96.

Handayani, Anik, and Henny Dewi Koeswanti. “Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.” Jurnal basicedu 5, no. 3 (2021): 1349–1355.

Handayani, Nur. “Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Prestasi Belajar.” Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial. An-Nuha 1, no. 2 (2014): 87–97.

Indonesia, Undang-Undang Republik. “Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum (2003).

Iswantari, Indah. “Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.” Jurnal Paedagogy 8, no. 4 (2021): 490–496.

Izati, Silmy Nauli, Wahyudi Wahyudi, and Martin Sugiyarti. “Project Based Learning Berbasis Literasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik.” State University of Malang, 2018.

Kamaruddin, Ilham, Ertati Suarni, Saparuddin Rambe, Bayu Purbha Sakti Sakti, Reza Saeful Rachman, and Pahar Kurniadi. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pendidikan: Tinjauan Literatur.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 6, no. 4 (2023): 2742–2747.

Maesaroh, Siti. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal kependidikan 1, no. 1 (2013): 150–168.

Mahtumi, Ibnu, Ine Rahayu Purnamaningsih, and Tedi Purbangkara. Pembelajaran Berbasis Proyek (Projects Based Learning). Uwais Inspirasi Indonesia, 2022.

Nasution, Abdul Fattah. “Metode Penelitian Kualitatif” (2023).

Nuryadi, Nuryadi, and Peni Rahmawati. “Persepsi Siswa Tentang Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau Dari Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika 3, no. 1 (2018): 53–62.

Prasetyo, Fajar, and Firosalia Kristin. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD.” Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 1 (2020): 13–27.

Ramadhan, Emira Hayatina, and Hindun Hindun. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif.” Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya 2, no. 2 (2023): 43–54.

Saefullah, Asep, P Siahaan, and I M Sari. “Hubungan Antara Sikap Kemandirian Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Fisika Berbasis Portofolio.” Jurnal Wahana Pendidikan Fisika 1, no. 1 (2013): 26–36.

Setiyowati, Ester Putri, and Yonatan Alex Arifianto. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 78–95. http://e-journal.sttikat.ac.id/index.php/sikip/article/view/57.

Sumarno, Yuel, Josia Pantja Paruntung, and others. “Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pak.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 10, no. 2 (2019): 27–39.

Susanto, Sofyan. “Efektifitas Small Group Discussion Dengan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Modern 6@inprocee, no. 1 (2020): 55–60.

Susilowati, Indah, Retno Sri Iswari, and Sri Sukaesih. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia.” Journal of Biology Education 2, no. 1 (2013).

Syamsuardi, Syamsuardi, and Hajerah Hajerah. “Penggunaan Model Pembelajaran Pada Taman Kanak-Kanak Kota Makassar.” Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) 5, no. 2 (2018): 1–7.

Vitasari, Rizka, and Kartika C Suryandari Joharman. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari.” Kalam Cendekia PGSD Kebumen 4, no. 3 (2013): 9.

Wiyani, Novan Ardy. “Manajemen PAUD Berdaya Saing” (2018).

Zubaidah, Siti. “Memberdayakan Keterampilan Abad Ke-21 Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek.” In Seminar Nasional Nasional Pendidikan Biologi, 1:1–19, 2019.




DOI: https://doi.org/10.59376/philo.v3i1.39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jepina Jepina, Yonatan Alex Arifianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Philoxenia telah terindeks pada:

   

https://www.napri.gov.ng/