Spiritualitas Orang Tua Sebagai Landasan Dalam Membentuk Karakter Anak Di Keluarga
(1) Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam
(2) Sekolah Tinggi Teologi Galilea Indonesia
(3) Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam
(*) Corresponding Author
Abstract
The purpose of writing this article is to explain the importance of exemplary parental life in shaping character in the family. The study departs from the author's empirical observations, that there are some children today who are very good at parental attention and do not reflect Christian character as explained in this article. The method used in writing this article is a descriptive qualitative research method with a literature review approach. The results obtained in this article are that parents must place the family as a place to testify about the exemplary life in Christ, the family as an educational institution for children and Jesus as an exemplary teacher in the family. In this way parents align education and actions in shaping the character of children in the family. Because this is absolutely what parents must do as witnesses of Christ in the family.
Abstrak
Tujuan penulisan artikel ini adalah menjelaskan tentang pentinya keteladan hidup orangtua dalam membentuk karakter di keluarga. Kajian bertolak dari pengamatan penulis secara empiris, bahwa ada beberapa anak-anak saat ini sangat terbaikan dalam perhatian orangtua dan tidak mencerminkan karakter Kristen sebagaimana penjelasan dalam artikel ini. Metote yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kajian pustaka. Hasil yang didapatkan dalam artikel ini bahwa orangtua harus menempatkan keluarga sebagai tempat untuk bersaksi tentang keteladanan hidup dalam Kristus, keluarga sebagai lembaga pendidikan bagi anak-anak dan Yesus guru teladan dalam keluarga. Dengan cara adalah orangtua menyelaraskan pendidikan dan perbuatan dalam membentuk karakter anak dalam keluarga. Sebab hal ini sangat mutlak yang harus dilakukan oleh orangtua sebagai saksi Kristus dalam keluarga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angkouw, Semuel Ruddy, Sekolah Tinggi, Alkitab Batu, Simon Sekolah, and Tinggi Teologi Salatiga. Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Rohani Anak. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani. Vol. 1, 2020.
Hasbi, Wahy. “Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama Dan Utama.” Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA 12, no. 2 (2012): 245–258.
Herman, Abehud Bawatji, and Rita Maria Sahara. Misi Amanat Agung Dalam Keluarga: Sebuah Studi Nilai-Nilai Keteladanan Nabi Hosea. Vol. 3. Batam, 2015.
Julianus, Julianus, Ya’aman Gulo, Tri Murni Situmeang, Shintike Maya, Fransiskus Irwan Widjaja, and Talizaro Tafonao. “Kepemimpinan Keluarga Sebagai Wadah Dalam Mempersiapkan Pemimpin Masa Depan Berdasarkan Nilai-Nilai Kristen.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 3, no. 1 (May 2022): 31–45.
Liu, Priska Pebrianti. “Teladan Yesus Kristus Sebagai Pembentuk Karakter Siswa Guna Mencapai Pembelajaran Yang Holistis.” Jurnal Teologi Berita Hidup 5, no. 2 (2023): 455–467. https://repositorio.ufsc.br/xmlui/bitstream/handle/123456789/167638/341506.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repositorio.ufsm.br/bitstream/handle/1/8314/LOEBLEIN%2C LUCINEIA CARLA.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://antigo.mdr.gov.br/saneamento/proees.
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. (Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, 2012.
Manurung, Rismag Dalena Monica Br Manurung, Jenri Prada Sibarani, Jaya Supan, Fransiskus Irwan Widjaja, and Talizaro Tafonao. Analisis Kepemimpinan Kristen Berdasarkan Markus 10:43-45 Dan Implementasinya Dalam Pertumbuhan Rohani Jemaat Di Masa Pandemi. Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja. Vol. 2, 2022.
Metboki, Rianto Junedi A. “Peranan Orangtua Kristen Dalam Membentuk Karakter Anak.” SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2019): 55–63.
Musawamah, Mualamatul. “Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Membentuk Karakter Anak Di Kabupaten Demak.” Jurnal AL-HIKMAH 3, no. 1 (2021): 54–70.
Nababan, Damayanti. “Keluarga Kristen Sebagai Keluarga Allah.” Jurnal Christian Humaniora 3, no. 1 (2019): 1–11.
Perangin Angin, Yakub Hendrawan, and Tri Astuti Yeniretnowati. “Deskripsi Serupa Seperti Kristus Sebagai Tujuan Pendidikan Karakter Kristen.” ELEOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2021): 13–27.
———. “Kajian Teologis Peran Kepala Keluarga Kristen.” SHAMAYIM: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2021): 157–173.
Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1992.
R. Pakpahan, Gernaida Krisna. “Karakteristik Misi Keluarga Dalam Perspektif Perjanjian Lama.” VOX DEI: Jurnal Teologi dan Pastoral 1, no. 1 (2020): 16–36.
Rosunnah. “Studi Tentang Pola Asuh Orangtua Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Perilaku Anak.” JIGC: Journal of Islamic Guidance and Counseling 4, no. 2 (2020): 139–155. http://jigc.dakwah.uinjambi.ac.id/index.php/jigc/article/view/46.
Santosa, Monica. “Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Kristiani Anak Generasi Alfa.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 6, no. 2 (2022): 277.
Sari, Sioratna Puspita, and Jessica Elfani Bermuli. “Etika Kristen Dalam Pendidikan Karakter Dan Moral Siswa Di Era Digital [Christian Ethics in Teaching Character and Moral for Students in the Digital Era].” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 3, no. 1 (2021): 46–61.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
Tafonao, Talizaro. “Kepribadian Guru Kristen Dalam Perspektif 1 Timotius 4:11-16.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 1 (2019): 62–81. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI/article/view/115.
———. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Anak.” Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 2 (2018): 125.
———. “Yesus Sebagai Guru Teladan Dalam Masyarakat Berdasarkan Perspektif Injil Matius.” Khazanah Theologia 2, no. 1 (2020): 52–60.
Takanyuai, Welmina. “Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Iman Anak Berdasarkan 2 Timotius 3:14-17 Dan Aplikasinya Di GPdI ‘Elim’ Aromarea – Serui – Papua.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 4, no. 2 (November 2020): 264–272.
Tampenawas, Alfons Renaldo, Erna Ngala, and Maria Taliwuna. “Teladan Tuhan Yesus Menurut Injil Matius Dan Implementasinya Bagi Guru Kristen Masa Kini.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 2 (2020): 214–231.
Tari, Ezra, Maria Darniati Dimu, and Nelman A. WEny. “Peran Ayah Sebagai Pendidik Berdasarkan Efesus 6:4.” SOPHIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2021): 121–135.
Tinenti, Max Lucky, B. D. Nainggolan, Stimson Hutagalung, and Rolyana Ferinia. “Warisan Keimanan Dan Kesetiaan: Penerapan Pendidikan Agama Kristen Oleh Orang Tua Di Masa Pandemi Covid-19.” Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 204–220.
Tobing, L. “Hubungan Pola Asuh Orangtua Kristen Dengan Perilaku Anak Di Sekolah.” Ginosko: Jurnal Teologi Praktika 1, no. 1 (2019): 1–13. https://ejournal.sttgalileaindonesia.ac.id/index.php/ginosko/article/view/1.
Verena, Kezia. “Peranan Isteri Yang Cakap Dalam Keluarga Kristen Menurut Amsal 31:10-31.” Redominata: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 2, no. 2 (2021): 66–81.
Widjaja, Fransiskus Irwan. “Keluarga Yang Misioner.” In Prosiding Seminar Nasional: Keluarga Yang Misioner, 31–40. Kota Batam: STT REAL BATAM, 2020.
Widjaja, Fransiskus Irwan, Daniel Ginting, and Sabar Manahan Hutagalung. “Teologi Misi Sebagai Teologi Amanat Agung.” THRONOS: Jurnal Teologi Kristen 1, no. 1 (2020): 17–24.
Zen, Eugene, and Yanto Paulus Hermanto. “Membangun Iman Anak Melalui Keteladanan Orang Tua Ditinjau Dari Persfektif Alkitab Dan Perkembangan Anak.” Davar : Jurnal Teologi 2, no. 1 (2021): 30–42.
DOI: https://doi.org/10.59376/philo.v2i1.23
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Betty Hutabarat, Sri Handayani, Talizaro Tafonao

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kalvary Maluku Utara (Indonesia)
Philoxenia telah terindeks pada:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).